Road to IOS Developer – Part I

Home / Featured / Road to IOS Developer – Part I

” Yoyoyoyo… what’s up guys ” gaya-gaya youtuber kalau lagi opening vlog mereka. minggu ini saya lagi getol pingin belajar ios karena udah setahun punya macbook ( sssttttt masih nyicil ) tapi ngak tau bikin aplikasi pake xcode – swift, apa kata dunia kata nagabonar.

Setelah sekian berapa mega byte download tutorial di youtube saatnya mulai praktek, perlu sedikit usaha untuk menerapkannya. Nerapin juga bukan plek seperti orang yang bikin tutorial tapi pertama saya tentukan mau bikin aplikasi apa dalam bayangan saya sih yang gampang2 dulu tapi bikin jadi bagian dari seluruh aplikasi, ya seperti registrasi, login, dashboard dll, setelah saya tentukan saya ingin membuat aplikasi kasir sederhana.

Awal bikin form login dan itu gampang sekali, layaknya aplikasi GUI yang udah lengkap, tinggal comot2 komponen yang di perlukan seperti Text field, button, dll. Namun setelah form register saya ingin buat pilihan propinsi, kabupaten dan kecamatan, di situlah beratnya ngak seprti delphi, vb yang bentuknya seperti select option html. tapi picker yang menurut saya tampilannya ngak banget, dan ngak Human Interface banget.

setelah tidak tidur 2 hari 2 malam baru bisa kelar.. ah bodohnya diriku andai dulu makan telor, roti, susu pasti otakku encer, sayang kecil makannya nasi jagung, tempe, dan sedikit sambel terasi, jadinya perlu dua hari cuma mau bikin komponen form begini

Ya sama seperti aplikasi2 yang pernah saya buat, begitu user klik di text field propinsi maka akan muncul pilihan seperti gambar yang kedua, kalau user pilih salah satu maka pilihan propinsi akan tertutup dan hasil pilihannya akan terisi di text field itu. Awalnya mau pake Picker Рkomponen ios untuk select data Рtapi ngak bagus ngak nyaman banget tampilannya jadi bikin Viewcontroller yang di present modal, dan disinilah koplaknya yang bikin lama parsing parameternya, ternyata performSegue harus di buat juga di viewcontroller child ke viewcontroller parent jika ingin parsing parameter, padahal di Youtube ngak seperti itu cukup yang parent saja.

Kedua yang bikin lama juga ternyata saya menghapus outlet text yang buat nampilin pilihan propinsinya, di situlah sakitnya hati ini berulang kali di coba error, katanya nil (kosong). Setelah di outletkan lagi baru berhasil, Alhamdulillah man jadd we jadda.

Ok. sementara ini dulu guys.. kalau teknis nanti saja lewat Video yang saya kumpulkan belum di edit, sekalian source codenya kalau udah kelar. See Ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *