Ingin punya mobil hijet

Home / Review / Ingin punya mobil hijet

Ingin punya mobil hijet

Maklum punya dana terbatas yang cuma bisa ngangkat Mobuta ( Mobil tua bangka ), mobil dengan harga 5 juta – 20 juta.

Setelah browsing, searching kata Cak Lontong googling di yahoo :), hasilnya review mobil tua dengan dompet segitu jatuh hati sama hijet ini, walau corolla dx, starlet, suzuki amnety salah satu pilihan. Selain perawatan yang mudah, mesinnya bandel, walau tua ternyata irit perbadingannya bisa 1:15, 1 kilo sebanding dengan 15 kilometer, di samping itu Daihatsu Hijet sudah pake rem booster di banding dengan Suzuki Bagong 1000 cc.

Kenapa memilih mobil tua ? kenapa ngak yang baru saja, tinggal pakai, masih bergaransi, masih ngicis, larinya lebih cepet, adapun pertimbangannya adalah :
1. Karena males mau nyicil bukan ngak kuat tapi males saja, mobil harga 100 juta kredit bisa jadi 150 juta, ambil untung 50% buseeet.. makanya saya motor nyicil 11 bulan.. biar ngak lama2
2. Karena memang uangnya ngak ada hehehe

Tentunya membeli mobil tua pasti ada juga resikonya, apalagi tidak tau mesin, tidak tau enak ngaknya itu mobil, pernah punya pengalaman pahit masalah beli barang kendaraan bermotor bekas ini, rasanya empet. Pesan saya harus banyak nanya sama tukang montir, temen dan lain sebagainya.

Ceritanya karena kantor saya pindah awalnya deket dari rumah, kalau mau ke kantor tinggal jalan sih sebelum pindah, eh tau2 pindah, “Bar besok kantor pindah” begitu kata bos, nah parahnya dari rumah ke tempat kerja ngak ada kendaraan umum langsung jadi harus oper dua kali, padahal deket banget kalau naik motor paling cuma 30 menit kalau macet, kalau lancar 15 menit. kalau tau Rancho Jakarta Selatan ke Cilandak pasti paham masalah ini, naek gojek bolak balik bisa 30 ribu x 26 hari udah berapa itu, yah gaji tinggal makan sama beli kwaci.

Karena masalah transportasi itu jadi kebelet mau beli motor, mau kredit yang baru males, dalam pikiran saya beli yang bekas nanti kalau ada masalah tinggal benerin satu persatu, dan amsiongnya saya beli ke pedagang yang di pinggir jalan, di daerah cakung, nyari2 di olx dapatnya yang sesuai dengan uang saat itu cuma di cakung, dengan merek Honda Grand, nahasnya saya yang masih cupu, mau saja di kibuli, di bilang ini motor bagus lah, enak lah, dan seabrek kata-kata manis penuh dengan racun agar dagangannya laku.

Karena cupu, bloon masalah mesin, terdesak masalah kebutuhan motor akhirnya saya ambil, saya pikir sih ngak ada masalah awal2 make, tapi setelah berapa minggu mulailah kehancuran negeri api terjadi, mulai dari motor yang ngak langsam, sering mati, bensin boros, dll.  Setelah di bongkar ternyata di bagian blok magnet di kasih oli gardan agar bunyi mesin tidak nyaring. Setelah di bongkar mulailah itu motor bunyinya berat, krauk2 kayak orang makan krupuk. Kurang ajarnya motor ini menjadi penyedot tinja eh ATM kantong… benerin ini itu, tapi masalahnya ngak selesai-selesai.

Karena habis banyak uang saya buat latihan saja, saya bongkar mesinnya berbekal ilmu dari youtube, biar tau gimana caranya bongkar mesin motor, awal saya bongkar terus saya rantep lagi ngak hidup.. di ketawain sama temen “sok tau lo bar”, ngak menyerah saya bongkar lagi dan lagi2 saya perhatiin dengan seksama gambar diagram motor, dan youtube ternyata salahnya saat memasang blok magnet ngak pas.. dan voilaaaaaa… jreng…jreng. walau itu belum benerin masalah paling ngak kita tau apa yang tukang bengkel kerjakan.. hehehe.

Kembali ke hijet, walau mobil sudah tua tapi saya yakin itu mobil kalau di bagusin pasti bagus.. ( yailah apapun yang di bagusin pasti bagus ), yang pasti kalau nanti jadi beli harus ada dana buat restorasi walau ngak sebagus gambar cover tapi paling ngak kaki2, mesin lumayan, mungkin perlu 3-5 juta nanti. Yakin tercapai.

Buat temen-temen yang mau beli kendaraan bekas, sedikit pengalaman dari saya :
1. Jangan beli yang blok mesinnya ada rembesan oli apalagi olinya sampe menetes, karena harus siap2 nyiapin dana buat turunin mesin, jadi harus di siapin dana restorasinya
2. Jangan beli yang ngebul apalagi asapnya kayak vape yang ngak berhenti2, sekali lagi ngak apa2 kalau kamu punya uang buat restorasinya
3. Pastikan nomor rangka, mesin surat2 lengkap..
4. Jangan beli malam2 karena gelap jadi ngak bisa check..
5. Beli ke pribadi kalau bisa, tapi kalau ngk ada beli ke padagang yang punya reputasi baik ngak cuma ambil untung saja

Salam buat penggemar MOBUTA ( Mobil tua bangka ), sharing2 ya.. thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *