Jadi programmer sulit kah ??

Home / Opini / Jadi programmer sulit kah ??

Jadi programmer sulit kah ??

Setelah sekian lama akhirnya bisa bikin web profile, dari dulu mau bikin ngak ke sampaian, kalau ngak ada waktu, ya ngak punya uang buat beli domain, hostingnya, belum lagi ngak pede sama tampilan webnya, maklum bukan orang seni.

Biasanya juga kalau bikin program mesti ada flyer atau mock up tampilannya baru bisa niru dari sana, kalau ngak ada bikin aplikasi pasti ngak jadi2 karena ya ngak pede itu tadi, dalam hati ah.. jelek kayaknya, ah kurang ininya, untuk web ini mesti masa bodohlah mau jelek kek, bagus kek, yang penting bisa numpahkan hasrat pingin nulis blog dari zaman pra sejarah dulu.

Kedepannya sih mau saya isi tentang tutorial2 pemrograman, apa saja yang saya tau mau saya tulis di sini, biar bisa bermanfaat buat orang lain, atau boleh lah saya nulis tentang politik, pro kontra, jokowi vs prabowo, bu susi, pak mahfud, FPI, sosial, ekonomi, apa sajalah uneg2 tentang negara ini, mumpung masih bebas mau ngomong apa saja, asal tidak merugikan orang lain.

Oia.. saya mau cerita kenapa saya jadi programmer…! dulu sih saya ngak tau cita2 saya apa, biasa sama kayak kalian, manusia2 labil, liat dokter pingin jadi dokter, liat tentara pingin jadi tentara, liat begal pingin jadi begal…hahaha, maaf pakpol (pak polisi) cuma becanda.. siapa tau ada polisi mau jadi programmer terus baca blog saya..hahaha.

Jadi programmer ya karena bosen jadi kuli, dulu kerja di jakarta jadi kuli kusen pintu, besi tua, tukang las, pegawai soto, tukang ketik dan servis komputer, jadi programmer ya tetep saja sih nguli2 juga, tapi lebih enaklah.. ngulinya di ruangan, pake AC ngak kedinginan eh sori ngak kepanasan. Jangan di anggap sombong ya, karena saya mah apa kitu.. ibarat gorengan saya cuma kertas bungkusannya, cuma share pengalaman hidup saja buat adik2 di luar sana.

Kata Mark empunya facebook “Jadi programmer ngak harus pintar”. Maksud mark kalau kalian mau menjadi programmer sebagai profesimu, ngak harus tau kalkulus, ahli matematika, orang2 botak yang pintarnya luar binasa. Cukup tau logika Jika – Maka, If – Then, Sebab Akibat, ndak susah2. Contohnya jika istrimu marah2 ngak jelas, maka artinya dia perlu uang untuk belanja di mall.

Selebihnya tentang bahasa pemrograman baik itu PHP, JAVA, HTML, CSS, PHYTON, ANDROID, SQL, ANGULAR, SWIFT, dll. itu cuma bahasa saja, ibarat kita kalau tinggal lama di Amerika ya bisa bahasa inggris, lama di dubai ya bisa arab, lama di afrika ya bisa bahasa afrika. Kebanyakan para beginner liat PHP katanya ruwet, akhirnya ngak semangat, bosen, capek, mulailah mereka berpikir mau jadi mentri, presiden, hahaha. Atau kalau ngak, mentalnya ngak kuat karena di tekan, di bilang goblok sama senior atau bosnya, wes itu antara dongkol pingin jambak2 tu bos atau senior dan butuh gaji buat bayar angsuran motor yang 900 ribu perbulan kali 3 tahun.. hahahahaha

Saya juga perlu setahun setengah baru benar-benar paham, atau naik level dari beginner ke intermedia, kalau beladiri dari sabuk putih ke sabuk kuning. Pernah suntuk juga dan ingin menyerah udah ngak kuat, saya sudah melambai2 ke kamera, “Pak nyerah pak”, teriakku kepada tim dunia lain, liat codingan udah kayak sundel bolong bertaring, gendruwo bertubuh kerbau, setan2 pejabat koruptor yang dari mulutnya keluar darah bertumpah2 karena menghisap darah rakyatnya yang tinggal tulang belulang. Tapi setelah melihat tagihan sekali lagi cicilan motor akhirnya niatku mundur dari dunia persilatan urung jadi kenyataan, karena ada kenyataan yang lebih berat sekali lagi “CICILAN MOTOR”.

Negara yang paling getol menelurkan programmer adalah India, microsoft, facebook salah satu contoh yang menjadi jajahan mereka, mayoritas yang bekerja di sana adalah orang India. Bahkan kartu Tri salah satu vendornya adalah India, saya tau karena pernah satu kantor dengan mereka, isinya ya nehi2 begitu. Hebatnya mereka punya etos kerja yang bagus, bahasa inggris yang bagus, nah kita ? pusing dikit ngopi, ngerokok, komunikasi sama foreigner inggrisnya blepotan, gimana mau menang kompetisi globalnya.

Menjadi programmer tidaklah sulit, semua perlu usaha sesuai dengan tingkat kesulitannya masing-masing, bener ndak ?. Semua orang bisa ngupil, tapi masukin alat ke hidung buat nyembuhin tinus perlu sekolah dokter dulu, dan karena usaha itulah nilai kita di ukur, semakin sulit usahanya maka semakin besar pula nilainya, tukang las lambung kapal yang ngelasnya di dalam air itu bayarannya berlipat-lipat dari tukang las biasa. Tapi apapun profesi kita mesti kita syukuri, dan kita jalani dengan sebaik2nya,niatkan ibadah. Sebagus apapun, sehebat apapun profesi kita tapi kalau di jalani dengan tidak baik hasilnya juga pasti buruk. Jalani penuhi dengan tanggung jawab dan kesabaran. Kuatkan hati dan selalu bilang dalam hati sabardong kalau sudah suntuk dan jemu.

 

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *